Informasi

  • 27 November 2017 - Selamat Datang di facebook kami Lihat

POTENSI PRODUK UNGGULAN BUAH-BUAHAN KABUPATEN TANGGAMUS

berita

Oleh Dinas Perdangan Dilihat 138

POTENSI BUAH – BUAHAN KABUPATEN TANGGAMUS

 

1. Durian
 

Produksi tanaman Buah – buahan  terbesar di Kabupaten Tanggamus adalah buah durian dengan jumlah produksinya sebesar 66.365 ton. hampir disetiap wilayah Kabupaten Tanggamus terdapat buah  ini.

Kabupaten Tanggamus yang memiliki wilayah dengan kultur tanah yang cukup potensial untuk pengembangan usaha buah – buahan diantaranya : Buah Durian, Manggis, dan Salak Pondoh dan jenis buah-buahan lainya, di Kecamatan Sumberejo memiliki inovasi buah durian dengan warna yang sangat kuning dan rasa yang sangat nikmat, buah durian ini berbeda dengan buah durian pada umumnya dengan Inovasi ini tidak hanya menambah pendapatan bagi pemiliknya saja tetapi juga menimbulkan potensi pendapatan lainya berupa agrowisata atau wisata di bidang pertanian.

 

Durian Tembaga salah satu buah unggulan Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus

 

Perkebunan duren ini adalah milik Sdr. Suryono yang beralamat di Pekon Sidomulyo Pedukuhan Sidomukti Kecamatan Sumberejo dengan luas perkebunan 1 Ha dengan 60 Pohon durian dengan berbagai macam jenisnya, adapun jenis buah durian yang ada di Kebun milik bapak Suryono ini adalah : Durian Matahari , Durian Montong merah, Durian Tembaga, Durian Bangkok Ijo, Durian Petruk.

 

2. Manggis
 

Sentra penghasil buah Manggis di Kabupaten Tanggamus berada di Kecamatan Kota agung dengan luas areal tanaman 408 hektare dan tingkat produksi mencapai 3.360 ton, Kecamatan Kota Agung Timur, luas areal 298 hektare dengan produksi 2.783 ton, Kecamatan Kota agung barat 269 hektare dengan hasil produksi 2.520 ton, Kecamatan Pulau Panggung 235 hektare dengan produksi mencapai 559 ton dan Kecamatan Wonosobo 191 hektare dengan produksi 1.423 ton.
3.  JAMBU KERISTAL
   

Keberadaan agrowisata Jambu Keristal menjadi magnet tersendiri bagi penikmat dan penjelajah wisata di Kabupaten Tanggamus, salah satunya agrowisata di kebun jambu keristal yang dikelola melalui kelompok tani , seperti milik Bapak Subardi dengan Luas Lahan 1,5 Ha, dengan Jumlah Produksi sebanyak 20 Ton per minggu yang berada di Pekon Sumberejo Kecamatan Sumberejo.

 4. SALAK PONDOH
 

 

 

Dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus, Kecamatan Sumberejo mempunyai luas lahan dan produksi buah salak terbesar. Dengan rincian : Pekon Wonoharjo 14,5 Ha, Sumber Mulyo 6 Ha, Argopeni 20 Ha, Margodadi 10,5 Ha, Kebumen 2,5 Ha, Sidorejo 20,75 Ha, Sidomulyo 7,5 Ha, Sumberejo 2 Ha, Tegal Binangun 5 Ha, Argomulyo 5,5 Ha, Dadapan 6,25 Ha, Simpang Kanan 16,5 Ha. Provinsi dan Kota  buah salak ini dipasarkan ke Bengkulu, Bandar Lampung.

 5.. PISANG MAS  
 

 

Kecamatan Sumberejo memiliki petani dengan banyak inovasi, diantaranya Pisang Mas milik bapak Joyo Kumis Pekon Sumberejo Kecamatan Sumberejo. Pisang Mas milik bapak Joyo telah menembus pasar tingkat lokal maupun ekspor. Pisang Mas ini dikirim ke kota Tangerang dan sudah di ekspor sampai ke negara Singapura.